Jelajahi Pengetahuan Dunia

Sabtu, 17 Maret 2018

Cara Membersihkan dan Merawat AC

Cara Membersihkan dan Merawat AC

Kebersihan pendingin ruangan atau AC memang sangat berpengaruh terhadap kualitas udara yang berada di dalam rumah bahkan dapat meningkatkan konsumsi listrik. Jika AC tidak dibersihkan maka debu, kutu, jamur bahkan bakteri akan menumpuk di ventilasi, kumparan dan filternya akan bercampur dengan udara sejuk yang ada didalam ruangan. Apalagi yang menetap di ibu kota Jakarta banyaknya kendaraan bermotor dan macet setiap harinya membuat debu dan kotoran bertebangan yang pasti sedikit banyaknya memperngaruhi kinerja AC di rumah jadi semakin banyak orang mencari Service AC Jakarta Pusat untuk membersihkannya. Maka dari itulah untuk merawat AC maka perlu dilakukan Cuci AC untuk menjaga kualitas udara yang akan dihirup oleh anggota penghuni rumah, memperpanjang bahkan mencegah pembengkakan tagihan listrik.

Selain tumpukan debu yang tampak terlihat oleh mata dan bau apek yang dikeluarkan oleh AC, terdapat pula suara berisik yang mengidentifikasikan bahwa AC sudah waktunya dibersihkan. Walau begitu, AC yang tidak menunjukan ciri-ciri tersebut bukan berarti tidak harus dibersihkan karena normalnya AC perlu dibersihkan sebulan sekali. Selain rutinitas membersihkan AC dari debu sebulan sekali, kita juga harus merawat secara profesional setiap tahunnya karena perlu dibersihkan bagian luar AC yang ada diluar rumah atau mesinnya. Untuk membersihkan AC yang berada diluar rumah perlu membuka unit AC nya untuk dibersihkan kompresor, kumparan kondensor dan saluran-salurannya sehingga memerlukan Jasa tenaga ahli untuk menangani pembersihan AC ini.

Adapun cara membersihkan AC yang berada didalam rumah atau sering disebut AC split sebagai berikut :
  1. Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik`
  2. Gunakan alat pembersih AC seperti mesin penyedot debu, kemoceng atau lap kering untuk menyingkirkan debupada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
  3. Baca buku petunjuk AC untuk mengetahui cara melepas dan membersihkan filter AC.
  4. Singkirkan debu pada filter dengan mesin penghisap debu atau kuas bersih.
  5. Bilas Filter AC dibawah aliran air. Jika sangat kotor, cuci dengan sabun kemudian bilas hingga kotorannya luruh.
  6. keringkan filter di tempat teduh tanpa menjemurnya dibawah terik matahari.

Selain filter, di dalam unit AC terdapat kumparan evaporator dan kipas. Namun, untuk membersihkannya memerlukan produk cairan pembersih kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas dari unit AC. Oleh karena itu perlu adanya alas untuk dinding dan lantai agar tidak terkena kotoran saat kita membersihkannya.

Selain kita mencuci atau memberrsihkan AC, ada beberapa cara untuk merawat keawetan penggunaan AC sebagai berikut :
  • Ganti filter AC setiap 3 bulan sekali. Jika ada penghuni rumah yang alergi maka perlu dilakukan penggantian filter AC lebih sering.
  • Matikan AC sebelum meninggalkan eumah dan nyalakan kembali saat diperlukan.
  • Nyalakan Ac dengan suhu Normal terlebih dahulu. Jangan langsung ke suhu yang paling rendah, karena bukan menyebabkan AC cepat dingin tetapi AC akan bekerja lebih berat.
  • Periksa kedua saluran penghubung unit luar dan dalam AC untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Bagi yang pertama melakukannya harap selalu baca buku panduan penggunaan AC . kalau takut atau tidak berani maka langsung saja hubungi tenaga yang profesional untuk membersihkan AC.

0 komentar:

Posting Komentar