Jelajahi Pengetahuan Dunia

Sabtu, 09 Juni 2018

Trik Hemat Pengaturan Keuangan Saat Ramadhan Sale Tiba

Trik Hemat Pengaturan Keuangan Saat Ramadhan Sale Tiba

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Tentunya semua umat muslim dengan jasmani dan rohani yang baru sehingga bisa beribadah dengan lebih khusuk dan lebih baik lagi. Ketika ramadhan tiba, kebutuhan keseharian memang sangat tinggi. Dengan tingginya kebutuhan dari segala lini, maka tak heran jika biasanya banyak sekali toko yang menyediakan promo besar. Ramadhan Sale tentu menjadi promo yang amat ditunggu. Tak hanya toko fisik dan supermarket saja, melainkan juga di situs belanja online.

Kebutuhan yang tinggi selama Ramadhan dan juga menghadapi lebaran memang tidak bisa dipungkiri lagi. Hal ini memang sudah menjadi hal yang lumrah mengingat Ramadhan hanya ada dalam waktu setahun sekali saja. Selain itu mengingat aktivitas Ramadhan yang kerapkali tinggi, tak heran jika menjadikan banyak umat muslim yang kemudian ingin belanja lebih dan lebih lagi, apalagi sudah dekat dengan Lebaran. Tentu butuh kehati-hatian dalam pengaturan keuangan jika demikian mengingat sulit sekali mengatur keuangan di masa seperti itu.

Jika memang Anda tak ingin kantong bolong saat Ramadhan serta Lebaran, maka berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik:

1. Persiapan anggaran belanja

Untuk hal pertama yang amat sangat wajib untuk diperhatikan adalah dengan pengaturan dalam hal uang belanja. Jika Anda belum terbiasa membuatnya, maka hal ini sangat penting untuk dilatih sehingga akan ada benteng yang bisa menjadikan Anda lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Namun jika Anda sudah terbiasa untuk bisa susun anggaran belanja, maka pengaturan anggaran belanja juga harus diubah mengingat kebutuhan juga jadi berbeda. Beberapa hal berbeda yang terjadi ketika bulan Ramadhan misalnya adanya buka bersama, kebutuhan makanan buka yang lebih mewah dari biasanya, hingga belanja demi perlengkapan lebaran dimana bisa didapatkan lebih murah dengan pemanfaatan Ramadhan Sale.

2. Persiapan belanja bahan makan

Saat bulan puasa tiba, biasanya pengeluaran terbanyak justru adalah dari makan. Selain harga bahan makanan yang biasanya cenderung meningkat, menu makanan juga seringkali lebih mewah dibandingkan ketika tidak Ramadhan. Selain itu, ada beberapa jadwal buka bersama juga yang sering mendatangi. Tentu Anda harus siapkan semuanya. Demi berhemat, Anda bisa menyortir mana acara buka bersama yang harus didatangi dan mana yang tidak atau dengan cara lainnya.

3. Persiapan pengeluaran zakat dan mudik

Salah satu hal wajib yang harus Anda persiapkan sejak awal yakni tentang zakat fitrah. Mungkin terkadang terasa ringan, namun biasanya tanpa persiapan, kadang menjelang Lebaran, zakat fitrah justru belum disiapkan. Untuk itu sejak pertama awal Ramadhan sudah harus direncanakan. Selain itu jika Anda termasuk yang mudik, maka persiapan keuangan saat mudik juga harus dirancang lebih dulu sehingga jatuhnya tidak boros.

4. Persiapan lain-lain

Selain beberapa hal tersebut, ada juga persiapan lainnya yakni dengan adanya kebutuhan akan bingkisan untuk lebaran, memberi uang saku pada anak-anak, sedekah ke saudara dekat dan masih banyak lagi yang wajib untuk dipertimbangkan.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan dalam pengaturan keuangan saat Ramadhan. Ramadhan Sale bisa jadi solusi untuk Anda jika ingin lebih berhemat sehingga bisa lebih mengepres pengeluaran. Kini promo ramadhan sudah banyak tersedia dengan beragam lini produk yang tersedia. Anda bisa belanja di supermarket atau di situs belanja online untuk promo Ramadhan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar