Jelajahi Pengetahuan Dunia

Kamis, 15 November 2018

4 Cara Merawat Pakaian Agar Terlihat Seperti Baru

4 Cara Merawat Pakaian Agar Terlihat Seperti Baru

Pakaian adalah salah satu kebutuhan harian yang tidak habis sekali pakai. Yup, usai memakainya, kita harus mencuci pakaian untuk kemudian dikenakan lagi di lain hari. Pemakaian pakaian ini sifatnya jangka panjang jadi harus dirawat dengan benar agar warna dan tekstur kain tidak rusak. Apa lagi jika pakaian tersebut adalah pakaian yang bermotif atau yang di-print kain. Menjaga ketahanan warnanya adalah kunci agar pakaian tetap terlihat seperti baru.

Merawat pakaian bisa dilakukan dengan cara mencuci, menjemur, menyetrika dan menyimpannya dengan tepat. Terdengar mudah, namun pada praktiknya masih banyak yang kesulitan menerapkannya. Alih-alih ingin membuat pakaian terlihat seperti baru, yang ada tak jarang menemukan pakaian yang luntur.

Merawat Pakaian Agar Terlihat Seperti Baru

Lantas bagaimana cara merawat pakaian agar pakaian terlihat seperti baru? Berikut informasinya.

1. Mencuci

Tahap awal dari rangkaian perawatan pakaian adalah mencuci. Sebelum mencucinya, pisahkan pakaian yang memerlukan perlakukan khusus. Hal ini bisa dilihat dari jenis kain print, warna maupun motif pakaian. Jangan sampai pakaian Anda luntur dan mengenai pakaian lainnya. 

Selain itu pilahlah juga mana yang harus dicuci dengan air biasa atau air hangat. Periksa kembali apakah jenis kain pakaian Anda tersebut aman jika dicuci dengan mesin cuci maupun sebaliknya.

Untuk mencuci pakaian, pastikan Anda menggunakan deterjen yang aman untuk pakaian dan kulit Anda. Apabila ingin hasil yang maksimal, tambahkan pelembut pakaian di proses akhir pencucian. 

2. Menjemur

Usai dicuci, pakaian bisa langsung dijemur. Untuk menjemur pakaian disarankan menggunakan hanger agar bentuk pakaian tidak berubah. Kendati demikian tetap sesuaikan dengan jenis kain dari pakaian ya. Apabila terbuat dari kaos, hindari menjemur menggunakan hanger, namun jika pakaian Anda terbuat dari jenis kain lainnya bisa memanfaatkan hanger untuk menjemurnya.

Selain itu usahakan untuk menjemur pakaian dalam keadaan terbalik agar warna pakaian tetap terjaga.

3. Menyetrika

Setelah pakaian dikeringkan, langkah selanjutnya adalah menyetrika. Pakaian yang boleh disetrika adalah pakaian yang sudah kering sempurna. Ini untuk menghindari munculnya bau apek pada pakaian. Manfaatkan cairan pelicin pakaian agar lebih mudah disetrika. Gunakan suhu setrika sedang ya, jangan terlalu panas agar tekstur pakaian tidak rusak.

4. Menyimpan

Apabila sudah disetrika, Anda bisa menyimpan pakaian di lemari. Usahakan pintu lemari benar-benar rapat ya agar tidak ada debu dan kotoran yang masuk. Untuk menghindari bau apek selama pakaian di dalam lemari, Anda bisa memanfaatkan kamper. 

Demikianlah 4 cara merawat pakaian agar pakaian senantiasa terlihat baru. Sebenarnya faktor lain yang bisa membuat pakaian terlihat baru meski sudah sering dicuci adalah kualitas bahan atau kain dari pakaian itu sendiri. Oleh karena itu jika ingin membeli pakaian usahakan memilih yang kualitas kainnya bagus. 

Kabar baiknya, ada jasa print kain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat print kain sesuai dengan keinginan Anda. Di sana Anda bebas memilih jenis kain, warna maupun motif yang diinginkan. Pastikan memilih kain yang berkualitas ya!

0 komentar:

Posting Komentar