Jelajahi Pengetahuan Dunia

Sabtu, 17 November 2018

6 Cara Mengurangi Sakit akibat Kontraksi Palsu


6 Cara Mengurangi Sakit akibat Kontraksi Palsu
Ketika perut mengencang dan pinggang nyeri, tandanya sedang mengalami kontraksi palsu. Hal ini wajar dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya karena terlalu lelah dan dehidrasi. Kontraksi pada perut, terutama jika Anda hamil muda, harus dikurangi frekuensinya. Saat Anda kesakitan dan stres, bisa jadi mengakibatkan keguguran. Beginilah cara mengurangi sakit akibat kontraksi.

1. Elus Pinggang, Bukan Perut
Saat kesakitan, biasanya spontan menyentuh perut untuk mengurangi sensasinya. Padahal sentuhan di perut justru akan menambah kekuatan kontraksi. Sebagai gantinya, pijatilah pinggang Anda pelan-pelan atau balur dengan minyak angin. Anda juga bisa minta tolong suami untuk memijat di pinggang. Kontraksi di perut berkurang dan hubungan pun makin mesra.
2. Mandi Air Hangat
Kontraksi bisa terjadi karena Anda kecapekan. Cara mengatasinya adalah mandi dengan air hangat-hangat kuku, jangan terlalu panas. Guyuran air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks dan kontraksi bisa berkurang. Anda bisa mandi dengan sabun aroma lavender untuk memberi efek aromaterapi dan mengurangi stres serta kelelahan.
3. Menyanyi
Saat kesakitan, apakah Anda diam atau berteriak karena tak tahan? Kontraksi palsu bisa membuat tubuh terasa amat nyeri. Untuk melupakan rasa sakit, sebenarnya Anda bisa melakukan beberapa hal, misalnya bersiul atau menyanyi. Saat menyanyi, Anda akan merasa rileks dan rasa nyeri akan berkurang. Menyanyi juga bisa jadi ajang melatih pernafasan sebelum melahirkan.
4. Curhat
Anda merasa sendirian saat hamil? Setelah menikah, sebagian besar undur diri dari kantor pra-hamil. Kondisi ini menyebabkan Anda tak bisa bertemu sahabat di kantor, komunikasi via telepon juga tak sedekat dulu. Apalagi suami selalu lembur karena mengumpulkan biaya melahirkan. Akibatnya, Anda pun tidak lagi bebas curhat kepada siapa pun.
Daripada pikiran tegang, curhat-lah pada ibu, mertua, atau saudara yang bisa dipercaya. Emosi negatif dan stres bisa menyebabkan kontraksi di perut. Jadi, curhat-lah agar hati benar-benar lega dan nyeri perut berhenti. Jika Anda tidak menemukan orang yang tepat untuk curhat, tulislah buku harian untuk menguraikan perasaan pribadi.
5. Makan
Makan makanan kesukaan bisa menaikkan kadar hormon endorfin sehingga bisa bahagia kembali, merasa rileks, dan kontraksi akan berhenti dengan sendirinya. Mungkin makan cokelat atau jajanan favorit lain, asal porsinya tidak berlebihan. Ingatlah, Anda masih boleh makan semua jenis makanan kecuali durian, nanas, dan sambal karena bisa menyebabkan kontraksi.
6. Berpindah Posisi
Saat berdiri, apa tiba-tiba merasakan kontraksi di perut? Segera pindah posisi Anda menjadi duduk bersandar atau tiduran. Kontraksi terjadi karena Anda terlalu lama menahan satu posisi. Jadi, segeralah berpindah ketika sakit di perut dan pinggang mulai menjalar. Hati-hati saat berpindah posisi agar tidak terpeleset.
Kontraksi palsu memang sangat menyakitkan, apalagi saat Anda sudah hamil tua. Untuk mengurangi rasa nyeri, coba alihkan sakitnya dengan cara menyanyikan lagu favorit. Makan jajanan juga bisa mengurangi kontraksi karena tubuh akan merasa rileks dan menaikkan kadar hormon endorfin. Atasi kontraksi dan mintalah bantuan kepada suami maupun keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar