Jelajahi Pengetahuan Dunia

Rabu, 30 Januari 2019

Pentingnya Spooring Mobil dan Balancing Untuk Menjaga Kinerja Mobil

Pentingnya Spooring Mobil dan Balancing Untuk Menjaga Kinerja Mobil

http://www.mobil88.astra.co.id/info/berita/baca/1162/Fungsi-Spooring-Mobil-dan-Balancing-Dalam-Perawatan-Mobil bisa menjadi rujukan bagi Anda yang tengah membutuhkan spooring. Spooring mobil ini menjadi salah satu cara agar mobil memiliki kinerja yang maksimal. Ya, kenyamanan dan keamanan berkendara sangatlah penting untuk diperhatikan. Inilah mengapa spooring sangat disarankan. Dengan dilakukannya spooring ini kemudi jadi lebih ringan presisi dan aman. Spooring sendiri berfungsi mensejajarkan posisi semua roda agar lurus.

Fungsi dari proses ini adalah untuk menjaga kestabilan sebuah mobil ketika dikemudikan, jadi ketika jalanan lurus, setir tidak belok sendiri. Atau ketika di tikungan tajam, kemudi bisa lebih ringan dan presisi dalam mendapatkan sudut. Selain kenyamanan, proses spooring ini juga mempunyai fungsi menjaga onderdil mobil supaya awet, terutama pada roda dan ball joint.

Tujuan Mensejajarkan Roda Roda Mobil

Tujuan utama spooring adalah untuk mensejajarkan roda kanan kiri pada bagian depan dan belakang. Dengan begitu mobil bisa stabil ketika melaju kencang. Spooring ini biasanya satu paket dengan balancing. Kedua proses ini juga bertujuan agar terkikisnya ban oleh aspal bisa merata sehingga mobil mudah dikendalikan. Selain itu juga dapat menghindari efek limbung saat berkendara. Spooring dan balancing ini paling baik dilakukan ketika mobil menempuh jarak setiap 20 kilometer sekali.

Tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Meski umumnya spooring ini perlu dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 20 kilometer. Namun hal ini tetap disesuaiakan dengan pemakaiannya. Berikut adalah ciri khusus yang perlu Anda ketahui agar tahu bahwa mobil membutuhkan spooring.
  1. Permukaan ban yang terkikisnya tidak rata, jadi hanya salah satu ban saja yang gundul.
  2. Jika ban yang gundul terdapat benjolan, ini berarti ada masalah suspense dan harus di balancing.
  3. Ketika di parkir mobil terlihat miring.
  4. Ketika dikendarai setir mobil akan terasa condong ke kanan atau kekiri. Jika seperti ini, berarti posisi ban tidak seimbang.
  5. Ketika menyetir, kemudi akan terasa berat saat dibelokan.
  6. Pada kecepatan tertentu akan timbul getaran pada setir.

Pentingnya Spooring Mobil

Mobil yang sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari memungkinkan keseimbangan antar roda terganggu. Oleh karena itu, keempat roda tersebut harus diseimbangkan. Kenapa harus diseimbangkan atau disejajarkan lagi? Karena selama pemakaian komponen pada kaki-kaki mobil pasti aus dan itu menyebabkan sudut roda mobil menyimpang sehingga perlu di perbaiki. Dan untuk menjaga kesetabilan mobil dan sudut ban, diperlukanlah spooring mobil.

Spooring ini merupakan proses untuk menyeimbangkan keempat sisi roda, karena jika roda tidak seimbang, mobil akan limbung dan miring ketika dikendarai. Limbung ini juga bisa disebabkan oleh setir yang mengalami gangguan.

Agar Mobil Tidak Limbung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya mobil limbung saat dikendari, beberapa itu diantaranya:
  1. Melakukan spooring dan balancing rutin, karena kualitas teknologi setiap mobil berbeda beda.
  2. Menghindari penggunaan ban bekas.
  3. Melakukan rotasi ban secara benar dan teratur agak pengikisan ban teratur.
  4. Mengecek seluruh bagian mobil sebelum spooring seperti suspense, velg, chasis mobil.
  5. Datanglah ke bengkel resmi dealer mobil agar proses spooring bisa dilakukan sesuai standart.
  6. Jika ban terjadi kebocoran di tengah jalan. Gantilah ban tersebut dengan ukuran yang sama.

Itulah penjelasan tentang pentingnya spooring mobil  dan balancing. Melakukan spooring dan balancing tujuan besarnya adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan kemanan berkendara. Karena jika mobil tidak stabil, bisa menyebabkan kecelakaan. 

0 komentar:

Posting Komentar