4 Cara Merawat Luka Diabetes Dengan Tepat

4 Cara Merawat Luka Diabetes Dengan Tepat

Penderita diabetes yang mengalami luka, masa penyembuhannya lebih lama dibanding dengan orang sehat. Bahkan, jika tidak melakukan tindakan untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, dikhawatirkan luka tersebut akan terus menyebar dan akhirnya harus dilakukan tindakan amputasi. Tidak ingin seperti itu, bukan?

Untuk mengurangi kadar risiko luka diabetes yang semakin memburuk, cari tahu di sini perihal cara merawat luka diabetes dengan penanganan yang tepat.

1. Cepat obati luka

Hal pertama yang harus dilakukan ketika menemukan luka pada penderita diabetes, yaitu cepat lakukan perawatan/segera obati luka. Pertama-tama, bersihkan luka dengan air bersih mengalir. Selanjutnya, bersihkan luka dengan kain kasa dan gunakan obat antiseptik yang mengandung povidion iodin untuk menghindari infeksi akibat bakteri dan kuman.

2. Hindari tekanan kuat pada luka

Memang harusnya luka ditekan, tetapi tidak dengan tenaga yang kuat. Menghindari tekanan kuat pada luka akan mempercepat proses penyembuhannya. Jadi, cara kedua ini penting untuk diperhatikan.

3. Perhatikan juga tanda atau ciri-ciri luka infeksi

Setiap luka yang tidak tepat penanganannya, biasanya terjadi infeksi. Begitupun pada luka diabetes, rentan sekali terkena iritasi jika cara perawatanya salah. Infeksi pada luka diabetes bisa diketahui, jika terjadi beberapa tanda atau ciri-ciri, seperti luka berwarna kebiruan bahkan kehitaman, mengeluarkan bau menyengat, mati rasa, tidak kunjung sembuh dan lain sebagainya. Jangan sampai penderita luka diabetes menunggu sampai timbul atau muncul ciri-ciri tersebut. Deteksi luka, jangan sampai terjadi infeksi.

4. Konsultasikan kepada dokter

Jika sudah dilakukan penanganan seperti di atas, tapi luka tidak kunjung membaik dalam waktu 48 jam/2 hari. Sebaiknya segera periksakan kondisi luka tersebut kepada dokter. Jika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan luka diabetes akan semakin parah dan sulit ditangani agar sembuh seperti sediakala.

Itulah cara merawat luka diabetes dengan tindakan yang tepat. Untuk menemukan berbagai obat-obatan dalam melakukan pertolongan pertama pada luka diabetes, Anda bisa mengunjungi situs ini https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-sachet.
Terima kasih telah membaca artikel ini sampai tuntas. Semoga bermanfaat!





Bagikan Artikel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML