Tips Atasi Nyeri Bahu Setelah Melakukan Olahraga

Tips Atasi Nyeri Bahu Setelah Melakukan Olahraga

Nyeri otot bahu sesudah berolahraga memang sering terjadi. Biasanya, nyeri akan muncul sesudah sehari sampai tiga hari sesudah melakukan olahraga. Kondisi tersebut bisa terjadi pada anggota tubuh mana pun, bergantung dari anggota tubuh mana yang dipergunakan untuk berolahraga. Nyeri yang dirasakan sesudah melakukan aktivitas fisik yang berat ini dikarenakan oleh trauma serat otot. Namun, Anda tidak perlu cemas karena ini bukan lah kerusakan permanen. Nyeri malah menjadi bentuk adaptasi otot pada latihan yang sedang Anda lakukan.

Gejala Nyeri Otot

Ada berbagai macam tanda seseorang terkena nyeri otot seperti anggota gerak yang mengalami nyeri cenderung lemas, dan berlangsung selama beberapa hari, terasa sakit ketika di sentuh, otot menjadi lebih kaku, dan terjadi pembengkakan yang berada di sekitar area nyeri. 

Mengatasi Nyeri Otot

Saat nyeri melanda bagian bahu ini muncul, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini, seperti:
  • Kompres dengan air bersuhu dingin. Air dingin dapat membantu otot untuk mengeluarkan cairan sehingga rasa nyeri menjadi tidak begitu terasa. Anda bisa langsung mengompres bagian yang nyeri saat terjadi cedera.
  • Penuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi dapat menghambat jaringan otot kembali pulih. Tubuh kita membutuhkan air yang cukup agar proses penyembuhan menjadi semakin cepat. Perlu diketahui, kebutuhan air harian tubuh 2,5 liter per hari, sehingga cukupi tubuh Anda dengan kebutuhan tersebut.
  • Memperbaiki aliran darah. Jika aliran darah lancar, sel otot yang rusak dapat disembuhkan dengan lebih cepat. Agar aliran darah ini menjadi semakin lancar, Anda dapat melakukan pendinginan sesudah melakukan olahraga. Pendinginan ini meliputi berjalan lambat, berenang, atau melakukan aktivitas ringan.

Selain pengobatan di atas, pengobatan topikal seperti menggunakan koyo dapat Anda lakukan. Dengan rasa nyeri yang hilang, bukan berarti otot sudah pulih sepenuhnya. Agar otot lekas pulih, Anda dapat menghindari terlebih dahulu olahraga berat. Namun, jika luka saat olahraga bukan disebabkan karena nyeri otot, Anda bisa menggunakan plester luka kedap air





Bagikan Artikel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML