Simak 4 Tips Membuka Usaha Kelontong di Rumah

Tips Membuka Usaha Kelontong di Rumah

Membuka usaha di rumah merupakan impian bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini, tentu saja banyak jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan hanya di rumah, seperti membuka usaha jajanan anak-anak, membuka bengkel, dan lain sebagainya. Namun, ada salah satu usaha yang tidak kalah menjanjikan, yaitu usaha toko kelontong. Tentu saja akan banyak orang yang belanja toko kelontong karena harganya yang lebih terjangkau daripada berbelanja di supermarket.

Bisnis toko kelontong tentu saja bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya, orang-orang di sekitar Anda setiap harinya membutuhkan sembako dan kebutuhan-kebutuhan rumah lainnya. Selain cukup lengkap, harga barang-barang yang dijual di toko kelontong pun relatif lebih murah dan ketimbang barang-barang yang ada di mall.  Dengan begitu, usaha toko kelontong pun tidak menutup kemungkinan untuk memberikan hasil yang menjanjikan.

Namun, jika Anda tidak mengetahui tips jitu membuka usaha toko kelontong, kemungkinan yang akan terjadi adalah usaha Anda tidak akan ramai dengan pelanggan. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh beberapa kendala seperti lokasi yang tidak cukup strategis, tidak lengkapnya barang-barang yang diperjualbelikan, dan lain sebagainya.

Membuka Usaha Kelontong di Rumah

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk membuka usaha toko kelontong, simak beberapa tips suksesnya berikut ini agar calon pembeli bisa merasa nyaman saat belanja toko kelontong Anda.

1. Memilih letak yang nyaman

Saat akan membuka toko kelontong, pastikan Anda sudah menentukan bagian dari rumah Anda yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat berjualan. Misalnya, Anda bisa menggunakan bagian garasi atau ruang tamu yang memiliki luas yang cukup besar. Dengan begitu, penempatan barang-barang jualan akan lebih leluasa, dan bisa menampung lebih banyak dagangan.

2. Melakukan survey

Sebelum membuka usaha toko kelontong, melakukan survey ke sekitar komplek atau tempat di daerah Anda merupakan hal yang tidak kalah penting. Anda harus mengetahui rumah mana saja yang membuka usaha toko kelontong. Namun, sebaiknya jangan sampai toko kelontong yang Anda miliki berdekatan dengan toko kelontong lainnya.

3. Mempertimbangkan modal

Jika Anda tidak memiliki modal usaha yang cukup banyak, belilah barang-barang seadanya dulu. Jangan terlalu memaksakan hingga akhirnya Anda harus meminjam dana kesana kemari. Seiring berjalannya waktu, modal usaha Anda akan bertambah dari keuntungan yang didapatkan.

4. Memilih pusat grosiran yang murah

Untuk membeli dagangan, pastikan Anda memilih pusat grosiran yang harganya terjangkau. Kini, banyak toko yang menyediakan pembelian grosir dengan harga yang murah. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Itulah 4 tips saat akan membuka usaha toko kelontong. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan semuanya agar tetangga maupun orang-orang di sekitar rumah langganan untuk belanja toko kelontong Anda.




Bagikan Artikel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML