Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan SDM

SDM

Peningkatan kualitas SDM sangat penting untuk dilakukan, CEO Mayora Andre Atmadja menjelaskan bahwa Mayora group siap memberi dukungan terhadap program pemerintah yang bertema ‘Meningkatkan Daya Saing untuk Indonesia Maju' ini.  

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar diskusi bertajuk Kebijakan Ekonomi Indonesia yang juga dihadiri oleh kalangan pengusaha.

Pengembangan SDM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan sikap anggota dalam suatu organisasi menjadi lebih efektif serta efisien untuk mencapai sebuah sasaran program ataupun tujuan organisasi.

Banyaknya teknologi yang semakin canggih dan modern serta kebutuhan organisasi yang selalu berubah pada setiap saat, sedangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki para karyawan terbatas sehingga menyebabkan pengetahuan tersebut tidak dapat digunakanan lagi. 

Untuk itu pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi sangat dibutuhkan. Ada beberapa factor yang mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia diantaranya adalah:

Dukungan manajemen puncak
Untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi diperlukan dukungan penuh dari manajemen puncat. Dukungan yang diberikan harus bersifat konkret dan tentu juga harus di komunikasikan kepada seluruh bagian yang terdapat dalam suatu organisasi.

Perkembangan teknologi
Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, banyak teknologi yang diciptakan semakin canggih, sehingga para karyawan kantor harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang luas. Namun tidak semua karyawan memiliki kemampuan dan keterampilan yang luas sehingga diperlukan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia agar kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki dapat digunakan dalam melakukan kegiatan organisasi.

Kompensasi Kerja
Telah disebutkan bahwa Sumber Daya Manusia merupakan salah satu unsur yang menentukan keberhasilan suatu organisasi. Di sisi lain, sumber daya manusia juga merupakan makhluk yang memiliki pikiran, perasaan dan kebutuhan. Faktor-faktor tersebut perlu diperhatikan karena akan memengaruhi produktivitas kerja manusia.

Sumber daya manusia merupakan asset yang sangat penting untuk ditingkatkan produktivitasnya. Sebuah organisasi harus mampu mendorong dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan pegawainya secara optimal. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan tersebut adalah melalui kompensasi.




Bagikan Artikel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML